Filosofi Burung Garuda

wikimedia/EKO PRASTYO

Burung Garuda dapat terbang tinggi menempuh angkasa dengan kepakan sayapnya yang sangat lebar, paruhnya yang sangat kuat dan tajam, cengkraman cakar yang kuat, serta penglihatan yang sangat tajam mampu menyambar cepat sasaranya. Garuda merupakan nama burung sedangkan burungnya sendiri yaitu Elang Jawa. Garuda adalah burung yang paling panjang usianya, karena dapat mencapai umur hingga 70 tahun. Namun, untuk mencapai umur tersebut merupakan sebuah pilihan bagi burung Garuda. Apakah dia hidup sampai 70 tahun atau hanya sampai 40 tahun. Saat umur 40 tahun burung garuda mengalami beberapa proses yang menarik.

Saat burung Garuda mencapai umur 40 tahun, maka untuk dapat hidup lebih panjang 30 tahun lagi, dia harus melewati transformasi tubuh yang sangat menyakitkan. Diantaranya saat burung garuda berusia 40 tahun paruhnya yang tajam sudah sangat bengkok dan panjang hingga mencapai lehernya akibatnya ia akan sulit untuk makan. Cakar-cakar panjangnya mulai sulit untuk memegang mangsa yang hendak dimakannya. Bulu pada sayapnya menjadi sangat tebal sehingga menjadi beban dan sangat sulit untuk dapat terbang tinggi.

Pada saat inilah Sang Garuda harus menentukan diantara 2 pilihan, yaitu mati atau melewati transformasi yang menyakitkan itu selama 150 hari. Apabila Garuda memutuskan untuk melewati transformasi menyakitkan itu, maka ia harus terbang mencapai pegunungan yang tinggi kemudian membangun sarang di puncak gunung. Selanjutnya kebiasaan yang akan di lakukan burung garuda adalah memukulkan paruhnya ke bebatuan agar paruh lamanya lepas dan paruh barunya akan muncul, kemudian menggunakan paruh barunya untuk melepaskan cakar lamanya sehingga tumbuh cakar baru yang tajam. Setelah itu burung garuda akan merontokan bulu sayapnya. Setelah 150 hari transformasi penyiksaan itu, Sang Garuda akan dapat terbang kembali dan menjalani kehidupan normalnya untuk menjalani hidup 30 tahun lagi.

Filosofi Burung Garuda mengajarkan kita bahwa untuk mampu bertahan kita harus melewati sebuah perubahan, terkadang kita harus membuang kenangan, kebiasaan dan semua tradisi kerja kita yang lama. Karena apabila kita sudah terbebas dari masalalu kita akan mendapatkan manfaat yang banyak dengan memulai hidup yang baru. Perubahan tak dapat dilakukan tanpa menimbulkan ketidaknyaman, bahkan sekalipun perubahan itu mengubah dari buruk menjadi lebih baik. tetapi berani melakukan perubahan menunjukan bahwa kita memiliki mental sukses dalam kehidupan ini.

No comments for "Filosofi Burung Garuda"