S1 Reguler Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ( IESP )

pixabay.com/Michi S
 Pada saat persaingan dan teknologi tinggi memainkan peran penting di setiap aspek kehidupan, Fakultas Ekonomi Unlam diharapkan menjadi “Pusat Pendidikan Terbaik” di Indonesia Bagian Timur sehingga Program Studi Manajemen dapat menghasilkan para ekonom yang berwawasan dan berkemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dengan dilandasi moral Pancasila, turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk mendukung pembangunan nasional. Dalam penyelenggaraan pendidikan, Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan pada tahun 2005 telah berhasil mempertahankan Akreditasi dari BAN-DIKTI dengan nilai B dan terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan sehingga memperoleh nilai Akreditasi yang lebih baik. Adapun S1 Reguler Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merupakan pendidikan dengan :
  • Gelar : SARJANA EKONOMI (SE)
  • Status : Negeri (Tanpa Ujian Negara)
  • Sistem : Satuan Kredit Semester
  • Beban Studi Minimal : 144 SKS
  • Pilihan Konsentrasi Keahlian : Ekonomi Pertanian, Ekonomi Syariah, Ekonomi Perencanaan Pembangunan, Ekonomi Moneter, Ekonomi SDM dan Ketenagakerjaan
  • Tempat Kuliah : Kampus Fakultas Ekonomi Bisnis
Visi dan Misi

Pada Tahun 2010 Fakultas Ekonomi UNLAM diharapkan akan menjadi “center of excellence” dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang menghasilkan para ekonom yang berwawasan dan berkemampuan iptek dengan dilandasi moral Pancasila, turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan mendukung pembangunan nasional, masyarakat dan budaya bangsa.
Misi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini utamanya mengacu kepada acuan yang telah ditetapkan oleh Fakultas Ekonomi, dengan tambahan beberapa spesifikasi yang berkaitan dengan Jurusan. Misi utama tersebut merupakan dasar bagi program berikutnya. Penetapan misi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Unlam adalah menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, pengabdian pada masyarakat, membina kehidupan akademik yang sehat serta melestarikan dan mengembangkan iptek dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang tersedia.

Tujuan Pendidikan

Untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Ekonomi Unlam, maka Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merumuskan tujuan–tujuan pendidikan yaitu:
  • Menghasilkan lulusan dalam bidang ekonomi, yang memiliki kompetensi tinggi dalam menganalisis, mengevaluasi dan memformulasikan fenomena ekonomi dan bisnis baik secara makro maupun secara mikro.
  • Aktif berpartisipasi dalam menyiapkan para lulusan yang siap berpartisipasi baik di sektor swasta maupun pemerintahan dalam menganalisis kebijakan sebagai analis yang profesional di bidang keuangan, industri, kebijakan ekonomi dan pengembangan ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan.
  • Mencetak lulusan pada bidang ekonomi yang dibutuhkan untuk merespon fenomena ekonomi dan mampu mengaplikasikan ilmunya dalam pembangunan daerah di era otonomi daerah dengan mendukung terciptanya good governance.
  • Para lulusan yang mampu mengaplikasikan teori-teori secara nyata, sehingga secara tidak langsung turut serta meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan dengan menyebarluaskan ilmu pengetahuan ekonomi sejalan dengan perkembangan iptek dan kebutuhan stakeholder.
  • Berperan secara aktif dalam pengembangan pengetahuan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan melalui penelitian yang berkualitas.
  • Ikut ambil bagian dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengabdian masyarakat yang tepat guna dan berhasil guna.
Prospek Kerja

Lulusan Jurusan / Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi telah terserap di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Namun banyak juga yang berhasil sebagai pengusaha yang mandiri. Lulusan yang dihasilkan telah bekerja pada :

No comments for "S1 Reguler Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ( IESP )"