10 Manfaat Doyan Konsumsi Seledri

pixabay.com/stux
Seledri adalah salah satu sayuran sehat. Setiap bagian dari tanaman ini dapat kita konsumsi. Seledri merupakan sayuran yang kaya vitamin dan mineral yang penting. Jumlah vitamin C yang luar biasa dalam kandungan seledri dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Oleh sebab itu mengkonsumsi seledri itu sangat baik untuk meningkatkan kondisi dan menjalani hidup yang sehat. Berikut ini manfaat rutin mengonsumsi seledri bagi tubuh.

1. Membantu Mengatur Suhu Tubuh

pixabay.com/congerdesign
Seledri memiliki kandungan air yang tinggi, kandungan elektrolit alami dalam seledri membantu mengatur suhu tubuh kita dengan menghidrasi dan mendinginkan, terutama di siang hari. Selain itu seledri juga membantu mengatur keseimbangan basa tubuh dan melindunginya dari masalah karena keasaman.

2. Mengurangi Peradangan

pixabay.com/jacqueline macou
Seledri memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu seledri mengandung banyak nutrisi antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, dan fitonutrien. Fitonutrien dalam seledri adalah antioksidan kuat yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Selain itu, seledri mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi faktor utama peradangan dan penyakit kronis.

3. Mengatur Tekanan Darah

pixabay.com/Gerald Oswald
Seledri kaya akan kandungan potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, seledri memiliki kandungan phthalides yang membantu mengendurkan otot-otot di sekitar arteri. Hal Ini akan membantu pembuluh darah akan melebar, kemudian menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi Kolesterol

pixabay.com/Guillermo Vuljevas
Kandungan Phthlides dalam seledri dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh seseorang. Kandungan tersebut memicu produksi asam empedu yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Ditambah kandungan senyawa kalium dan magnesium dalam seledri diketahui mampu untuk menurunkan kadar lemak dalam darah.

5. Menurunkan Berat Badan

pixabay.com/Tumisu
Sayur seledri merupakan sayuran yang rendah kalori. Kemampuannya menyediakan nutrisi sangat penting bagi tubuh dan mampu membantu mengatur proses metabolisme lemak. Seledri juga bisa menjadi makanan pilihan saat sedang ingin menurunkan berat badan. Salah satu manfaat utama seledri adalah kandungan nutrisi yang sangat padat. Artinya seledri memiliki antioksidan, elektrolit, vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B, dan kalium.

6. Mengurangi Gejala Menstruasi

pixabay.com/silviarita
Ada 50 senyawa lain dalam seledri yang bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala menstruasi seperti kembung, sakit kepala, dan sakit perut. Kandungan Anethole fitokimia dalam seledri berfungsi mengatasi gejala yang dapat terjadi selama menstruasi. Bahan ini tentunya dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti adas dan juga kunyit yang memang dikenal baik untuk kesehatan wanita.

7. Kesehatan Mulut dan Membersihkan Gigi

pixabay.com/Gerd Altmann
Ada banyak cara yang mudah untuk menjaga kesehatan mulut dan menjaga bau mulut selain rutin gosok gigi. Salah satu caranya adalah dengan mengunyah sebatang seledri. Seledri berfungsi untuk membantu menghilangkan plak gigi dan menghilangkan beberapa bakteri penyebab bau mulut. Ditambah lagi, mengunyah seledri dapat mengeluarkan makanan dan menyegarkan napas pada saat yang bersamaan.

8. Kesehatan Mata

pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians
Banyak nutrisi yang ditemukan dalam seledri yang membantu melindungi mata. Seledri juga mengandung setidaknya 10% dari dosis harian vitamin A yang sempurna untuk kesehatan mata. Vitamin ini melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus sehingga meningkatkan penglihatan, mengobati mata kering, dan melindungi kornea.

9. Anti Penuaan

pexels.com/Shiny Diamond
Sayuran ini mengandung antioksidan kuat serta vitamin A, C, E dan nutrisi penting lainnya. Vitamin E di dalamnya membantu menjaga kulit tetap lembab dan kandungan antioksidan dalam seledri membantu melindungi kulit dari zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

No comments for "10 Manfaat Doyan Konsumsi Seledri"