10 Palung Terdalam di Dunia

unsplash.com/Marco Assmann
Laut sebagai salah satu penyusun permukaan bumi mempunyai bagian-bagian tertentu. Sama seperti daratan yang mempunyai variasi (seperti gunung, jurang, lembah, dll). Perairan pun juga mempunyainya. Ada gunung yang terdapat di dalam lautan dan ada pula semacam lembah dan bahkan jurang di dalam laut. Jurang yang ada di dalam laut dinamakan sebagai palung laut. Bisa diartikan jika sebuah palung merupakan titik terdalam dari suatu laut atau samudera. Kebanyakan palung terdalam di dunia terletak di kawasan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Banyak palung laut dengan kedalaman ribuan meter di bawah permukaan laut yang ada di wilayah perairan tersebut.

1. Palung Mariana

pixabay.com/PublicDomainPictures
Palung Mariana merupakan bagian laut terdalam di dunia. Memiliki Kedalaman hingga 11.033 meter di bawah permukaan laut. Bahkan kedalaman palung ini lebih jauh dari ketinggian gunung tertinggi di dunia, yaitu Mount Everest di atas permukaan laut. Titik terdalam dari palung ini bernama Challenge Deep. Lokasi palung ini berada di barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana. Palung mariana berbentuk bulan sabit, Di dasar Palung Mariana terdapat lubang hidrotermal yang mengeluarkan zat asam dengan suhu mencapai 300 derajat Celsius, Dengan banyaknya kontras, mulai dari asam, panas, hingga dingin membuat lingkungan di sekitar Palung Mariana beracun, namun itulah yang membuat kehidupan di dalamnya menjadi beragam, seperti 200 mikroorganisme, amphipoda, dan krustasea.

2. Palung Tonga

pixabay.com/StockSnap
Palung tonga memiliki kedalaman hingga 10,882 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Deep Horizon. Lokasi palung ini berada di Selatan Samudra Pasifik, Selandia Baru. Palung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari generator radioisotop termoelektrik dari misi Apollo 13 yang dibatalkan. Dikedalaman palung ini hidup berbagai spesies ubur-ubur yang buta serta berbagai spesies lain yang unik.

3. Palung Filiphina

google.com/maps
Palung filiphina memiliki Kedalaman hingga 10,545 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Galathea. Lokasi palung ini berada di samudera pasifik perairan bagian timur wilayah Filipina di Asia Tenggara. Palung Filipina memiliki beberapa nama lain seperti Palung Mindanao dan Philippine Deep.

4. Palung Kuril-Kamchatka

google.com/maps
Palung Kuril-Kamchatka memiliki Kedalaman hingga 10,542 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Vitiaz Deep. lokasi palung ini berada di Selatan Samudra Pasifik, dekat pulau Kuril di dekat wilayah perairan Jepang. Palung ini merupakan penyebab dari aktivitas vulkanik dasar laut di daerah ini.

5. Palung Kermadec

google.com/maps
Palung kermadec memiliki Kedalaman hingga 10,047 meter di bawah permukaan laut. Lokasi palung ini berada di selatan Samudera Pasifik membentang di perairan dekat wilayah Selandia Baru. Palung ini membentuk sistem kesatuan dengan palung tonga menjadi subduksi sistem Tonga Kermadec dengan panjang 2.000 kilometer dari utara ke selatan. Pada tahun 2012 peneliti menemukan spesies amphipod raksasa di kedalam palung ini.

6. Palung Jepang

google.com/maps
Palung Jepang memiliki kedalaman hingga 10.375 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Tuscarora Deep. Lokasi palung ini berada di bagian utara Samudera Pasifik dekat wilayah perairan Jepang. Palung Jepang juga menjadi bagian dari sirkum api lautan Pasifik. Aktivitas di palung ini kerap menjadi penyebab bencana gempa bumi atau tsunami yang melanda Jepang.

7. Palung Izu-Ogasawara

google.com/maps
Palung Izu-Ogasawara memiliki kedalaman hingga 9.810 meter di bawah permukaan laut. Lokasi palung ini berada di perairan Jepang di sebelah barat Samudera Pasifik. Palung Izu-Ogasawara juga disebut sebagai palung Izu-Bonin. Bagian palung ini terdiri dari palung Izu di sebelah utara serta palung Bonin atau Ogasawara di sebelah selatan.

8. Palung Puerto rico

google.com/maps
Palung Puerto Rico memiliki Kedalaman hingga 8.800 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Milwaukee Deep. Lokasi palung ini berada di Samudera Atlantik, perbatasan Laut Karibia. Palung ini bertanggung jawab atas banyak bencana tsunami dan gempa bumi yang terjadi di wilayah ini dengan kejadian terparah pada tahun 1953 dengan kejadian mencapai 8.1 skala richter.

9. Palung South Sandwich

google.com/maps
Palung South Sandwich memiliki kedalaman hingga 8.428 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Meteor Deep. Lokasi palung ini berada perairan Samudera Atlantik, sebelah timur pulau South Sandwich. Palung ini diasosiasikan dengan vulkanik aktif.

10. Palung Atacama

google.com/maps
Palung Atacama memiliki kedalaman hingga 8.065 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya dikenal sebagai Richards Deep. Lokasi palung ini berada di di sebelah timur Samudera Pasifik. Palung Atacama juga bisa disebut Palung Peru-Chile karena letaknya yang berdekatan dengan wilayah garis pantai negara Peru dan Chile di Amerika Selatan. Di palung ini ditemukan ikan Siput Atacama pada kedalaman hampir 8.000 meter. Ikan ini termasuk kedalam keluarga siput(liparode) dengan kepala bulat tembus pandang, berbentuk seperti pita dan tanpa sisik, bentuknya yang tidak biasa dirancang untuk menahan suhu dingin dan tekanan ekstrem.

No comments for "10 Palung Terdalam di Dunia"