5 Manfaat Sehat Ini Bisa Kamu Dapat Kalau Doyan Makan Pedas

pixabay.com/Baohm
Pedas seringkali dianggap sebagai suatu rasa seperti manis, asin, asam dan pahit. Faktanya rasa pedas hanyalah sebuah sensasi belaka. Kalian masih ingat tentang bagian lidah yang peka akan rasa tertentu dibandingkan lainnya. Reseptor rasa manis berada di ujung, asin disamping, asam ditepi dan pahit dibagian pangkal. Dalam penjelasan yang kita terima di bangku sekolah tersebut, tak ada reseptor rasa pedas. Hal ini karena pedas hanya merupakan suatu sensasi panas dan terbakar yang dirasakan ujung saraf lidah atau lebih dikenal dengan papilla. Maka dari itu, jika makan makanan yang pedas, seluruh lidah rasanya panas. Rasa pedas sendiri yang sering ditimbulkan oleh cabai, disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai. Jika kalian penggemar makanan pedas, maka kami memiliki kabar gembira untuk kalian, ternyata menyantap makanan pedas memiliki beragam keuntungan tersembunyi. Namun tentunya jika makanan pedas yang dikonsumsi masih dalam batas wajar.

1. Menurunkan berat badan

pixabay.com/Tumisu
Faktanya bahwa orang yang makan pedas cenderung lebih cepat kenyang, nafsu makan menurun serta lebih sedikit dalam mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula. Hal ini disebabkan karena capsaicin yang ada di dalamnya membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak dan mengganggu sinyal yang diberikan sel saraf perut ke otak, mempengaruhi jumlah hormon yang mengatur rasa kenyang serta nafsu makan didalam tubuh.
Makanan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme lebih cepat, peningkatan metabolisme secara tidak langsung dapat mempengaruhi nafsu makan. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat berhasil. Tetapi bukan berarti untuk menurunkan berat badan hanya bisa dengan mengonsumsi makanan pedas saja tentunya perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat.

2. Mencegah kanker

pixabay.com/maleni ferrari
Kandungan capsaicin dalam cabai dipercaya akan efektif memerangi beberapa jenis sel-sel kangker. Hal ini dikarenakan capsaicin mengandung banyak sifat yang sama dengan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker. Mengutip Pernyataan dari Dr. Lea Weber dari Universitas Ruhr di Bochum, Jerman. "Kami mengamati penurunan yang signifikan dalam pertumbuhan dan pertambahan sel kanker setelah distimulasi capsaicin".
Sumber: https://www.thesun.co.uk/living/2521626/chillies-could-halt-breast-cancer-and-cause-the-diseased-cells-to-self-destruct/

3. Awet muda

pixabay.com/Sasin Tipchai
Cabai rawit mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, dan vitamin A dikandunganya yang berfungsi sebagai penangkal dampak dari radikal bebas yang ada pada tubuh. Zat ini juga besar perannya untuk mencegah terjadinya penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas. Hal inilah yang membuat sel kulitmu senantiasa awet muda.

4. Baik untuk mata

pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians
Cabai juga memiliki kandungan vitamin A yang seperi kita tahu bahwa vitamin A berguna untuk penglihatan mata agar jadi lebih baik, sekaligus mencegah kebutaan dimalam hari seiring bertambahnya usia.

5. Mengurangi stres

pixabay.com/Jan VaĊĦek
Saat merasa suntuk, bad mood, dan stres karena mengalami hari yang berat, mungkin lebih baik kamu makan makanan pedas. Karena makanan pedas dapat menjaga mood kamu. Hal ini dikarenakan level hormon endorfin dan serotin ditubuh akan meningkat. Pelepasan hormon ini akan membuat perasaan menjadi lebih baik, lebih semangat, dan pikiran lebih konsentrasi.

2 comments for "5 Manfaat Sehat Ini Bisa Kamu Dapat Kalau Doyan Makan Pedas"

Post a Comment