5 Temuan Bangunan Paling Misterius di Dunia

pixabay/Denis Poltoradnev
Dunia ini menyimpan berbagai macam sejarah yang sudah sangat tua seperti peninggalan-peninggalan di masa lampau. Beberapa diantaranya telah banyak diketahui publik, namun masih banyak peninggalan sejarah dengan banyak tanda tanya besar sehingga sampai saat ini masih menjadi misteri. Para ahli arkeologi dan ahli sejarah serta ahli lainnya pun hanya mampu menebak dan menduga tanpa bisa mengetahui jawaban sebenarnya. Hanya menghasilkan teori-teori tanpa berujung pada fakta dan rahasia sebenarnya. Tapi tenang sobat, bagi kalian yang berminat tetap bisa mengunjungi dan melihat langsung berbagai peninggalan sejarah misterius tersebut. Berikut ini 5 peninggalan sejarah paling misterius yang masih membingungkan di dunia.

1. Georgia Guidestones

pixabay/jaredfromspace
Elberton, Georgia, sebuah kota dengan penduduk sekitar 5.000 orang, yang terletak di dekat perbatasan negara bagian selatan Carolina di Amerika Serikat, terdapat peninggalan sejarah misterius. Georgia Guidestones, begitulah benda peninggalan sejarah ini disebut, sebuah monumen granit besar yang berbentuk x dengan enam buah granit dengan berat masing-masing 100ribu kg dengan tinggi 5,8 meter. Benda ini dianggap memiliki pesan yang berisikan mengenai ketahanan umat manusia dan generasi mendatang. Hal ini karena pada bebatuannya tertulis 10 perintah tata dunia baru yang disebut-sebut merupakan satu agenda pembentukan dunia baru dengan delapan bahasa terbesar di dunia. 8 bahasa yang dipakai yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Swahili (Bahasa Di Afrika), Hindi (Bahasa Sekitar India), Ibrani, Arab, Cina, dan Rusia. Terdapat sebuah pesan pendek yang diukir di puncak struktur ini dalam 4 bahasa kuno: Babilonia, Yunani, Sansekerta, dan Hieroglif Mesir. Kalimat yang tertulis yakni let these be guidestone to an age of reason. Monumen ini didirikan pada tahun 1979 ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada seorang dengan nama samaranya yaitu RC Christian, yaitu seorang pria berpakaian rapi, yang memperkenalkan dirinya sebagai wakil dari sebuah kelompok yang memiliki agenda kemanusiaan. Hingga saat ini, tak ada yang mengetahui siapa sebenarnya lelaki misterius bernama RC Christian ini.

2. Reruntuhan Yonaguni

wikimedia/Masahiro Kaji
Jepang juga punya peninggalan sejarah misterius yang membingungkan dunia. Pada tahun 1986, instruktur selam Kihachiro Aratake menemukan pemandangan menakjubkan saat melakukan penyelaman, di lepas pantai Pulau Yonaguni Enam meter di bawah permukaan laut, yaitu Yonaguni Monument Underwater Ruins. diperkirakan Reruntuhan Yonaguni telah berusia sekitar 8.000 tahun. Bertahun-tahun lamanya para pakar sejarah datang dan pergi dari tempat ini untuk mencari tahu apakah struktur tersebut benar-benar buatan manusia. Hingga saat ini, belum banyak data dan informasi yang bisa diketahui mengenai reruntuhan Yonaguni yang misterius ini.

3. Stonehenge

pixabay/Pete Linforth
Monumen Stonehenge merupakan deretan batu-batu kuno yang berukuran raksasa yang disusun sedemikian rupa dalam formasi yang unik. Stonehenge terdiri dari cincin batu berdiri, dengan masing-masing batu berdiri mempunyai tinggi sekitar 4,1 meter, lebar 2,1 meter, dan beratnya sekitar 25 ton. Para ahli memperkirakan Stonehenge dibangun sekitar tahun 2500 sebelum masehi dan kemudian mengalami renovasi terus menerus selama 1400 tahun. Banyak teori dan spekulasi yang telah berkembang di balik keberadaan Stonehenge, sayangnya tak ada yang benar-benar tahu fakta, cerita, dan tujuan pembangunannya.

4. Machu Picchu

pixabay/LoggaWiggler
Peninggalan sejarah misterius ini tak hanya unik secara historis, tetapi juga sangat menarik bila dilihat dari berbagai sisi. Machu Picchu merupakan kawasan metropolitan modern peninggalan peradaban bangsa Inca yang tersembunyi di puncak pegunungan Andes, Peru. Anehnya, kota ini hanya dihuni selama kurang dari 100 tahun saja dan didiami oleh sekitar 1200 orang. Sesudah itu Machu Picchu menjadi kota hilang dan hanya meninggalkan jejak mitos dan kabar burung belaka. Dugaan para ahli, wabah cacar lah yang menyebabkan Machu Picchu ditinggalkan. Lebih dari 50 persen populasinya terbunuh akibat wabah itu pada tahun 1527. Konon, Machu Picchu merupakan tempat pelarian bangsa Inca dari Kerajaan Spanyol dan selama berabad-abad kota ini terisolasi dari peradaban dunia.

5. Petra

pixabay/Heidelbergerin
Petra adalah sebuah kota batu yang pernah hilang selama ribuan tahun. Karena itu pula kota ini disebut sebagai The Lost City. Dalam bahasa Yordania sendiri Petra diartikan sebagai batu. Hal ini dikarenakan situs bangunan kuno tersebut terpahat dari batu-batuan yang menjadi sebuah kota. Bangunan-bangunan dari batu berukuran super besar tidak dibuat menjadi gua sebagaimana bangunan purbakala pada umumnya. Konstruksi dan arsitektur kota Petra menyuguhkan bangunan-bangunan megah ala sebuah peradaban misterius. Arsitektur yang dipakai menyusun Petra sangat sulit disaingi arsitektur masa kini. Seluruh bangunan kotanya dibuat dari batu pasir. Gayanya meniru model bangunan Timur Tengah dan wilayah Arab. Seni serta ornamen sebagai pengindahnya dipastikan selalu ada di setiap jenis bangunan. Hingga kini ilmuwan masih belum dapat menguak bagaimana cara suatu bangsa kuno membangun sebuah kota dari bahan bebatuan hingga menyerupai bangunan berteknologi tinggi. Ada lorong-lorong sempit sepanjang 1 km di antara kota.

No comments for "5 Temuan Bangunan Paling Misterius di Dunia"